cover
Contact Name
Raymond Sutjiadi, S.T., M.Kom
Contact Email
p3m@ikado.ac.id
Phone
+62317346375
Journal Mail Official
p3m@ikado.ac.id
Editorial Address
Pattimura No. 3 Kelurahan Sonokwijenan Kecamatan Sukomanunggal Kota Surabaya 60189
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Teknika
ISSN : 25498037     EISSN : 25498045     DOI : https://doi.org/10.34148/teknika
Teknika is a peer-reviewed journal dedicated to disseminate research articles in Information and Communication Technology (ICT) area. Researchers, lecturers, students, or practitioners are welcomed to submit paper which has topic below: Computer Networks Computer Security Artificial Intelligence Machine Learning Human Computer Interaction Computer Vision Virtual/Augmented Reality Digital Image Processing Data Mining Web Mining Computer Architecture Software Engineering Decision Support System Information System Audit Business Information System Datawarehouse & OLAP And any other topics relevant with Information and Communication Technology (ICT) area
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 3 (2022): November 2022" : 10 Documents clear
Penggunaan Metode K-Means dan K-Means++ Sebagai Clustering Data Covid-19 di Pulau Jawa Nursatio Nugroho; Faisal Dharma Adhinata
Teknika Vol 11 No 3 (2022): November 2022
Publisher : Center for Research and Community Service, Institut Informatika Indonesia (IKADO) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34148/teknika.v11i3.502

Abstract

Virus Corona (Covid-19) merupakan penyakit menular yang dapat ditularkan antara hewan dan manusia. Pada akhir Desember 2019, virus itu teridentifikasi di Provinsi Wuhan, Cina. Saat ini, seluruh dunia sedang berjuang, mencegah, dan akhirnya menaklukkan penyebaran virus corona. Penelitian ini bertujuan untuk mengklaster data penyebaran Covid-19 di setiap kabupaten di Pulau Jawa sehingga menghasilkan klaster zona yang harus dilaksanakan PPKM berdasarkan kasus positif, vaksin dosis pertama, dan dosis kedua. vaksin. Metode K-Means digunakan dengan cara menentukan jumlah cluster (K), mengatur pusat cluster secara arbitrer, mengelompokkan data ke dalam cluster dengan jarak terpendek, menghitung pusat cluster, dan mengulangi langkah 2-4 sampai tidak ada data yang berpindah ke lokasi yang berbeda. gugus. K-Means++ digunakan dengan cara memilih secara acak nilai k pertama dari pusat cluster pertama titik data, mengelompokkan data berdasarkan jarak minimum ke centroid, memperbarui nilai titik centroid dengan menentukan rata-rata setiap cluster, dan ulangi langkah 2 dan 3 sampai tidak ada yang bergerak. Berdasarkan jumlah kasus positif, sembuh, dan meninggal, kasus tersebut dikategorikan. Setelah dilakukan pengelompokan dan mendapatkan klaster pada masing-masing kelompok, setiap klaster akan dievaluasi kualitasnya menggunakan koefisien siluet untuk memilih yang terbaik. Hasil kajian tersebut diharapkan dapat mengungkap sejauh mana penyebaran virus Covid-19 di setiap kabupaten/kota di Pulau Jawa, serta cluster dengan skor Silhouette Coefficient tertinggi. Untuk hasil pengujian menggunakan Silhouette Coefficient, metode K-Means K=3 menghasilkan 0,825, K=4 menghasilkan 0,873, dan K=5 menghasilkan 0,862; untuk metode K-Means++, k=3 menghasilkan 0,822, K=4 menghasilkan 0,865, dan K = 5 menghasilkan 0,882. Hasil penelitian menunjukkan bahwa K-Means++ lebih unggul dalam memberikan informasi sejauh mana penyebaran virus Covid-19, dan uji Silhouette Coefficient digunakan untuk menentukan kualitas cluster yang optimal.
Pengembangan Sistem Informasi Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Kas Pada PT ABC Menggunakan Metode Scrum M. Ihsan Alfani Putera; M. Fuad Wiyono Putra; M. Gilvy Langgawan Putra
Teknika Vol 11 No 3 (2022): November 2022
Publisher : Center for Research and Community Service, Institut Informatika Indonesia (IKADO) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34148/teknika.v11i3.503

Abstract

PT ABC adalah salah satu perusahaan bergerak di bidang pengolahan minyak bumi. Perusahaan ini memiliki laporan berupa penerimaan dan pengeluaran arus kas yang harus dipantau setiap minggu. PT ABC membuat laporan total penerimaan dan pengeluaran kas setiap bulan, untuk memantau total penerimaan dan pengeluaran saldo kas. Sementara ini laporan dicatat dengan cara manual menggunakan media kertas, terdapat masalah dalam pencatatan laporan kas ini yaitu saat dilakukan pencatatan perhitungan total saldo penerimaan dan pengeluaran kas memungkinkan terjadinya salah perhitungan dalam menghitung total saldo kas. Hal ini menambah waktu pengerjaan dalam menghitung serta mencatat laporan menggunakan alat bantu tulis seperti pulpen dan kertas yang akan dibutuhkan setiap pembuatan laporan kas. Berdasar pada permasalahan tersebut, peneliti melakukan pengembangan sistem informasi laporan penerimaan dan pengeluaran kas berbasis website. Aplikasi yang dikembangkan dapat membantu mempercepat proses pembuatan, pencatatan, dan pencarian data informasi laporan kas. Metode yang dipakai dalam pengembangan sistem informasi ini adalah Agile Software Development Method berupa Scrum Model yang berisi tahapan sprint planning, daily Scrum, sprint review, dan sprint retrospective. Aplikasi ini dibuat dengan framework Bootstrap sebagai template desainnya serta terdapat 4 sprint dan 24 backlog items dalam pengembangannya. Pengembangan teknologi berupa sistem informasi berbasis website yang telah dibuat peneliti, diharapkan karyawan PT ABC dapat meningkatkan efisiensi waktu dalam pengerjaan tugas.
Desain dan Implementasi Sistem Inventory Data Ikan CV Pesona Mandiri Berbasis Google Sheets dan Appsheets Dyah Ayu Kusuma Wati; Barnad
Teknika Vol 11 No 3 (2022): November 2022
Publisher : Center for Research and Community Service, Institut Informatika Indonesia (IKADO) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34148/teknika.v11i3.513

Abstract

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah merambah seluruh aspek kehidupan, termasuk pekerjaan kantor. Pencatatan data yang selama ini dilakukan secara manual menggunakan kertas dan alat tulis dapat dengan mudah dialihkan menggunakan perangkat lunak yang tersedia secara gratis dan dapat dijalankan pada personal komputer maupun perangkat handphone. Proses alih media secara manual menjadi digital akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja, sehingga menambah keuntungan perusahaan. CV Pesona Mandiri memerlukan perangkat digital dalam melakukan pencatatan data inventory ikan, karena pencatatan secara manual harus dilakukan dalam dua tahap, yaitu mencatat dalam formulir, kemudian diinput ulang dalam komputer. Proses pencatatan data dilakukan di pelabuhan dan di ruang berpendingin tempat menyimpan ikan membuat formulir yang digunakan mudah rusak terkena air. Permasalahan lain adalah semakin lama formulir hasil pencatatan data ikan semakin banyak jumlahnya, karena dokumen tersebut disimpan untuk proses validasi data yang sudah dicatat dalam komputer. Membangun sistem inventori data ikan dilakukan dalam dua tahap yaitu desain sistem yang akan dibuat dan selanjutnya diimplementasikan agar menghasilkan program aplikasi untuk mencatat data ikan. Tahap membuat desain sistem menggunakan konsep Actifity Diagram Unified Modelling Language dan tahap implementasi sistem menggunakan konsep Software Development Life Cycle (SDLC). Perangkat lunak untuk mengimplementasikan sistem agar dihasilkan program aplikasi menggunakan Aplikasi Google Sheets untuk merekam data yang diinput dalam bentuk baris dan kolom serta Aplikasi Google Appsheets sebagai fasilitas membuat formulir untuk memasukan data. Metode yang digunakan untuk melakukan validasi terhadap sistem yang dibuat dengan melakukan pencatatan data secara langsung dan dibandingkan dengan kesesuaian data hasil proses pencatatan yang telah dilakukan.
Aplikasi Manajemen Pendakian Berbasis Android Menggunakan Metode Scrum Hermawan Prasetyo; Nira Radita; Arif Tirtana
Teknika Vol 11 No 3 (2022): November 2022
Publisher : Center for Research and Community Service, Institut Informatika Indonesia (IKADO) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34148/teknika.v11i3.514

Abstract

Pos Pendakian Gunung Panderman-Buthak merupakan pos pendakian yang mengelola dua jalur pendakian sekaligus, yaitu Gunung Panderman dan Gunung Buthak. Jalur pendakian tersebut selalu menarik minat para pendaki, di mana terlihat dari rata-rata pendaki yang melakukan pendakian mencapai 1.200 orang per bulan. Pos pendakian Gunung Panderman-Buthak dikelola oleh masyarakat sekitar, sehingga untuk memperoleh informasi pendakian harus langsung menuju kesana. Selain itu, terdapat beberapa masalah seperti pendaki yang mendaki melalui jalur ilegal, memetik bunga edelweiss, maupun pendaki yang tersesat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang Aplikasi Manajemen Pendakian Gunung Panderman-Buthak Berbasis Android Menggunakan Metode Scrum sehingga dapat membantu pihak pengelola pendakian maupun pendaki. Penggunaan metode Scrum bertujuan untuk menghasilkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan karena metode Scrum merupakan metode berkolaborasi antara peneliti dengan pihak pengelola pendakian. Dalam penelitian ini digunakan pengujian sistem Blackbox Testing, dimana sistem ini akan diuji secara fungsionalitas dan sesuai dengan kebutuhan. Dengan aplikasi ini, untuk proses check in dan check out pendakian cukup menggunakan QR Code pendaki. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aplikasi yang telah dibangun sesuai dengan kebutuhan pihak pengelola pendakian, dan dapat membantu pendaki dalam pendakian.
Perancangan dan Implementasi Aplikasi Reservasi Jasa Karunia Tour and Travel Ridwan Setiawan; Ade Sutedi; Sindi Mulyawati; Leni Fitriani
Teknika Vol 11 No 3 (2022): November 2022
Publisher : Center for Research and Community Service, Institut Informatika Indonesia (IKADO) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34148/teknika.v11i3.517

Abstract

Pada saat ini pariwisata memiliki prospek yang baik dan menjanjikan. Jasa Karunia Tour and Travel merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyewaan bus, open trip, homestay, dan paket wisata. Dalam proses bisnis Jasa Karunia Tour and Travel saat ini, pelanggan harus datang langsung ke kantor untuk pemesanan layanan. Kemudian, ketika perusahaan mengadakan open trip saat libur panjang menyebabkan kesulitan dalam pengelolaan pesanan pelanggan yang diikutsertakan karena reservasi melebihi batas kuota yang ditentukan. Selain itu, proses pembayaran melalui transfer membutuhkan waktu identifikasi yang cukup panjang karena kendala bukti transfer pembayaran, yang menyebabkan proses validasi tidak terorganisir dengan baik. Untuk itu, tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan mengimplementasikan aplikasi reservasi pada Jasa Karunia Tour and Travel yang dapat melakukan reservasi, mengelola pesanan open trip, dan menerapkan payment gateway dalam pengelolaan sistem pembayaran untuk meminimalisir kesalahan bertransaksi. Metodologi pengembangan perangkat yang digunakan yaitu Rational Unified Process (RUP) dengan tahapan Inception, Elaboration, Construction, dan Transition. Fitur Payment Gateway yang digunakan dalam aplikasi ini yaitu library payment gateway dari Midtrans. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi reservasi yang diimplementasikan di perusahaan Jasa Karunia Tour and Travel sebagai pendukung pengelolaan reservasi produk layanan jasa Tour and Travel.
Sistem Rekomendasi Produk Aplikasi Marketplace Berdasarkan Karakteristik Pembeli Menggunakan Metode User Based Collaborative Filtering Fajar Rohman Hariri; Lingga Wahyu Rochim
Teknika Vol 11 No 3 (2022): November 2022
Publisher : Center for Research and Community Service, Institut Informatika Indonesia (IKADO) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34148/teknika.v11i3.538

Abstract

Sistem rekomendasi produk merupakan sebuah sistem yang dapat memberikan prediksi produk yang relevan terhadap perilaku atau karakteristik user, sehingga dapat mempengaruhi user dalam mengambil keputusan untuk membeli suatu produk. Penelitian ini dilakukan untuk dapat memberikan rekomendasi kepada pembeli pada aplikasi marketplace Sindomall dengan menggunakan metode User Based Collaborative Filtering dikolaborasikan dengan algoritma Improved Triangle Similarity Complemented with User Rating Preferences (ITR) untuk menghitung nilai similarity antar pembeli dan algoritma Weighted Sum untuk menghitung nilai prediksi produk. Karakteristik pembeli diambil dari data perilaku pembeli dalam memberikan rating pada produk. Dalam pengujian model yang dilakukan dengan menggunakan data nilai prediksi pada 20 user acak pada database aplikasi Sindomall pada bulan Desember 2021 didapatkan model optimal dengan nilai parameter presentase user sebesar 100%. Hasil dari pengujian error sistem menggunakan model terpilih mendapatkan nilai MAE dan RMSE masing-masing sebesar 0,006 dan 0,013, sedangkan pada tahap pengujian akurasi sistem didapatkan nilai akurasi sebesar 0,849, nilai presisi sebesar 0,923, nilai recall sebesar 0,869, dan nilai F-score (F1) sebesar 0,895.
Pendeteksian Leukosit Secara Otomatis Melalui Citra Preparat Berbasis Region Proposal Network Lina; Michelle Augustine; Oktaviana; Arlends Chris
Teknika Vol 11 No 3 (2022): November 2022
Publisher : Center for Research and Community Service, Institut Informatika Indonesia (IKADO) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34148/teknika.v11i3.541

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat telah membantu dunia medis untuk mendiagnosis kondisi kesehatan seseorang. Salah satu cara untuk melakukan diagnosis medis yang paling utama yaitu melalui pemeriksaan sel darah. Darah terdiri dari eritrosit, leukosit, dan plasma darah. Salah satu komponen darah yang sering dianalisis untuk mengetahui kondisi tubuh adalah leukosit. Analisis dapat dilakukan dengan melakukan perhitungan terhadap jumlah leukosit yang ada dalam tubuh. Tahap awal dari proses perhitungan sel darah adalah dengan melakukan pendeteksian terhadap lokasi sel darah melalui citra digital preparat sel darah. Pada penelitian ini, pendeteksian dilakukan secara otomatis menggunakan teknik Region Proposal Network dengan mengaplikasikan metode Faster R-CNN. Proses utama pendeteksian leukosit terdiri dari tahap pre-processing dan tahap pendeteksian area leukosit menggunakan metode Faster R-CNN. Target dari sistem yang diusulkan adalah untuk mendapatkan area leukosit dan menandainya secara otomatis. Eksperimen dilakukan terhadap citra preparat sel darah yang diwarnai dengan cairan Wright, maupun citra preparat sel darah yang tidak diwarnai. Hasil eksperimen menunjukkan tingkat akurasi pendeteksian area leukosit sebesar 99,54% untuk citra leukosit dengan pewarnaan dan akurasi pendeteksian sebesar 93,21% untuk citra leukosit tanpa pewarnaan.
Analisis Pola Pembelian Konsumen Pada Era Pandemi Dengan Algoritma Apriori Berbasis Web Service Acihmah Sidauruk; Ilyas Ferry Ceasar Widayanto; Hairul Januar; Miftakhurrokhmat
Teknika Vol 11 No 3 (2022): November 2022
Publisher : Center for Research and Community Service, Institut Informatika Indonesia (IKADO) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34148/teknika.v11i3.544

Abstract

Sejak kasus pertama di Indonesia diumumkan yaitu di awal tahun 2020, Covid-19 terus menyebar ke berbagai kota. Pandemi virus Covid-19 berdampak besar terhadap daya beli masyarakat dan jumlah transaksi penjualan di hampir semua komoditi, baik barang maupun jasa. Banyak pemilik usaha yang mengeluhkan turunnya target penjualan. Akan tetapi tidak semua sektor usaha mengalami penurunan, ada juga sektor usaha yang mengalami pertumbuhan cukup signifikan. Di masa pandemi ini semua orang melakukan usaha perlindungan diri agar terhindar dari penyebaran virus corona dengan rutin mengkonsumsi obat atau vitamin. Data konsumsi obat dapat dilihat pada data transaksi penjualan apotek. Data transaksi penjualan obat yang lebih dari 3 bulan pastilah tidak sedikit, sehingga dalam melakukan evaluasi terhadap data-data tersebut dibantu dengan algoritma data mining. Penelitian ini memanfaatkan algoritma Apriori untuk mengetahui pola pembelian konsumen pada Apotek Jingga di masa pandemi, proses pengolahan data dibagi dua yaitu asosiasi data sebelum pandemi, kemudian data di masa pandemi. Dari pola tersebut akan diketahui pola hubungan antar item produk, bahwa konsumen yang membeli obat X cenderung membeli obat Y. Hal ini akan mempermudah dalam proses perencanaan pengadaan obat, dan diharapkan dapat membantu manajemen untuk menganalisis setiap transaksi yang dilakukan oleh konsumen beserta kecenderungannya di masa pandemi. Hasil perbandingan berdasarkan tiga kali percobaan dengan parameter minimum support dan minimum confidence yang berbeda, jumlah aturan yang terbentuk selama pandemi lebih sedikit dibandingkan dengan aturan sebelum pandemi.
Pengembangan Sistem Pengajuan Surat Berbasis GSuite Untuk Meningkatkan Kemudahan Akses Layanan Administrasi Akademik Untuk Mahasiswa Misna Asqia; Hendra Aditiyawijaya; Yahya Zulkarnain; Arina Fadlila; Zaki Imaduddin
Teknika Vol 11 No 3 (2022): November 2022
Publisher : Center for Research and Community Service, Institut Informatika Indonesia (IKADO) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34148/teknika.v11i3.547

Abstract

Pandemi Covid 19 mendorong untuk merubah sistem pelayanan surat di STT-NF yang sebelumnya dilakukan secara manual menjadi secara online. Prosedur pengajuan surat secara manual dilakukan dengan proses pengisian form fisik oleh Mahasiswa. Form pengajuan yang sudah diisi harus diserahkan dengan mendatangi ruangan bagian terkait secara langsung. STT-NF sendiri memiliki jenis pengajuan surat yang beragam. Surat-surat tersebut memiliki penanggungjawab yang berbeda, antara lain Bagian BAAK, UPT Perpustakaan, Bagian Keuangan dan Bagian Kemahasiswaan. Dalam proses pengajuan surat mahasiswa tidak mendapatkan akses informasi yang berkaitan dengan prosedur dan status pengajuan surat. Hal ini dikarenakan SDM administrasi yang kurang serta sistem yang kurang mendukung proses pengajuan surat. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah sistem yang bisa mendukung proses pengajuan surat. Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan akses layanan administrasi mahasiswa. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk membangun sebuah sistem pengajuan surat administrasi mahasiswa berbasis GSuite. GSuite yang digunakan adalah Google Forms, Google Spreadsheet, Add-on Form Publisher dan Google Sites. Penelitian ini menggunakan 2 metode pengujian, yaitu Blackbox dan User Acceptance Test (UAT). Hasil dari pengujian blackbox menyatakan bahwa 27 Fitur yang diujikan dinyatakan berhasil. Responden pengujian Blackbox adalah satu mahasiswa dan empat orang admin. Selanjutnya hasil pengujian UAT menyatakan bahwa rata-rata nilai sebesar 89,85% yang artinya sistem pengajuan surat berbasis GSuite bisa diterima dan sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Perancangan Gamifikasi Pada Proses Implementasi ERP Menggunakan Metode Accelerate SAP Kusuma Dewangga; Andi Wahju Rahardjo Emanuel; Kathryn Widhiyanti
Teknika Vol 11 No 3 (2022): November 2022
Publisher : Center for Research and Community Service, Institut Informatika Indonesia (IKADO) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34148/teknika.v11i3.552

Abstract

Penerapan sistem ERP (Enterprise Resource Planning) pada sebuah perusahaan dapat memberikan manfaat yang besar bagi perusahaan. Namun, keberhasilan penerapan ERP selalu menjadi tantangan tersendiri bagi implementor ERP. Biaya investasi ERP yang besar tidak menjamin keberhasilan penerapan ERP. Untuk mencegah hal tersebut, perusahaan perlu melakukan beberapa pengubahan dan memanajemen critical success factor pada tiap tahap dalam implementasi ERP dengan baik dan penuh kehati-hatian. Metode ASAP menjadi salah satu metode implementasi ERP yang baik karena proses implementasi dibagi menjadi fase-fase yang berjalan berurutan namun tidak menjamin keberhasilan suatu implementasi. Pada beberapa penelitian terkait implementasi ERP menyebutkan bahwa salah satu tantangan besar yang dihadapi dalam implementasi ERP muncul dari aspek sosial dan organisasi daripada aspek teknis. Dibutuhkan suatu upaya agar perusahaan dapat memanajemen motivasi dan engagement agar performa kelajuan pekerjaan dan kolaborasi agar dapat meningkatkan keterlibatan pihak dalam perusahaan yang berkaitan dengan kelancaran operasional ERP agar penerapan ERP dapat sesuai dengan target yang diharapkan. Gamifikasi dapat menjadi solusi yang membantu untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan karyawan dalam setiap proses dalam implementasi ERP. Rancangan membangun sebuah proses gamifikasi pada proses pelatihan ERP diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi karyawan sehingga mempermudah dan meningkatkan keberhasilan implementasi ERP dari aspek sosial dan organisasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 10